Secara ideal Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dalam Program-programnya lebih diarahkan pada pemenuhan kebuthan masyarakat, disamping kegiatan-kegiatan yang bersifat sinambung dan terjadi sinergisme antara program-program yang dikembangkan. Kegiatan yang bersifat multi efek tinggi menjadi prioritas kegiatan. Wilayah sasaran masyarakat luas di luar kampus, baik perkotaan maupun pedesaan, pertanian maupun industri, Pemerintah maupun Swasta, dan dapat berupa kelompok, komunitas, Lembaga maupun perorangan, baik yang miskin maupun kaya selama membutuhkan ipteks.
Berdasarkan uraian dimaksud, maka ada beberapa program yang menjadi kegiatan Lembaga pengabdian kepada masyarakat Universitas Tadulako meliputi:

  1. Pengembangan dan pembinaan pengabdian melalui kemitraan baik secara regional, nasional maupun internasional.
  2. Pengembangan dan pembinaan sumberdaya manusia yang dapat bersaing di pasar kerja sebagai wujud implementasi pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) berbasis kebutuhan pasar.
  3. Pengembangan Hak Karya Intelektual (HaKI) terhadap hasil pengabdian yang mutakhir dan bermanfaat bagi masyarakat dan memiliki nilai-jual yang kompetitif.
  4. Membangun jaringan kerjasama dalam bidang pengabdian dan pengembangan (Diklat), baik skala regional, nasional, maupun internasional.
  5. Mengkomunikasikan hasil-hasil pengabdian yang mutakhir baik di kalangan peneliti, akademisi maupun dengan masyarakat luas.
  6. Mensosialisasikan program Hibah Bersaing pengabdian ke Fakultas-Fakultas dan hasil-hasilnya kepada masyarakat luas melalui kegiatan diseminasi hasil pengabdian.
  7. Melakukan pendampingan dan advokasi kepada masyarakat dalam mewujudkan keberdayaan masyarakat.